September 28, 2023

Didirikan pada tahun 1902, dan pernah menjadi salah satu pengecer terbesar di Amerika, JCPenney konon didorong ke dalam ketidakjelasan karena penurunan tajam dalam penjualan toko yang sama dan neraca yang terkoyak.

Bukan begitu. Itu masih memiliki kehadiran on-line dan lebih dari 600 lokasi fisik. Seperti Sears, itu tidak pernah hilang, tetapi jejaknya menyusut menjadi versi kecil dari dulu. (Perusahaan-perusahaan ini memiliki reputasi terburuk.)

Pada tahun 1973, JCPenney memiliki 2.053 lokasi, jauh lebih sedikit daripada yang dimiliki Walmart saat ini. Namun, itu dianggap sebagai saingan yang layak untuk Walmart, Sears dan Kmart.

JCPenney benar-benar berantakan mulai tahun 2011. Dewan melakukan apa yang dianggapnya sebagai langkah cerdik dengan mempekerjakan kepala operasi toko Apple. Ron Johnson dianggap sebagai salah satu eksekutif ritel paling progresif di negara ini. Tentu saja. Dia telah menjalankan operasi toko dari salah satu perusahaan paling sukses di dunia.

Johnson memperlengkapi kembali toko JCPenney dan mengubah harga inventarisnya. Hasilnya adalah salah satu bencana terbesar dalam sejarah perusahaan ritel besar. Penjualan toko yang sama anjlok lebih dari 20% dari tahun ke tahun. Johnson kehilangan pekerjaannya hanya beberapa bulan setelah mendapatkannya.

Pandemi COVID-19 membuat orang keluar dari toko, dan kemungkinan besar itulah yang menyebabkan keruntuhan terakhir JCPenney. Perusahaan mengajukan kebangkrutan dan diambil alih oleh firma actual estat Simon dan Brookfield.

BACA JUGA: Semua Orang Mengenali 50 Slogan Perusahaan Amerika Ini

Apa yang sebenarnya membunuh JCPenney? Alasan yang biasa adalah alasan yang diberikan oleh banyak pengecer yang lumpuh. Amazon, perusahaan terbesar kedua di Amerika, menghancurkan persaingan ritel dengan kehadiran e-commerce yang sangat besar. Walmart, pengecer bata-dan-mortir terbesar di Amerika, menghabisi mereka dengan jejak tokonya yang besar dan harga murah.

JCPenney hidup dengan situs internet dan jumlah toko yang sederhana. Beberapa tahun ke depan akan memberi tahu apakah itu cukup.